Cara Merawat Water Heater Ariston

Cara merawat water heater ariston

1.Perhatikan air yang masuk ke tangki water heater ariston haruslah dalam keadaan bersih bening tidak berbau dan tidak keruh,jika perlu lengkapi distribusi air untuk water heater ariston dengan media filter air.

baca : service filter air jakarta

Selain itu juga harus terbebas dari partikel kecil seperti unsur kapur,batu,dan pasir yang dapat menyumbat saluran air sehingga berpotensi besar merusak perangkat water heater walaupun sebagian water heater ariston pakai anoda magnesium. Untuk mengatasi hal tersebut maka sebaiknya dipasang filter atau saringan pada saluran sebelum masuk ke tangki pemanas yang berguna penyaringan partikel yang dapat menyumbat dan merusak saluran air.

2. Lakukan pengecekan kondisi terminal perangkat ariston minimal tiga bulan sekali meliputi:
– pengecekan kontrol safety valve ariston
– pemeriksaan pipa fleksibel
– perhatikan switch off kelistrikan
– menjaga objek lain yang mempengaruhi unit water heater
– lakukan  pembersihan yang disesuaikan dengan seberapa sering kita memakainya, bila memakainya setiap hari maka pembersihan dilakukan per tiga bulan .Proses pembersihan dilakukan oleh yang berpengalaman atau bisa memanggil teknisi service water heater ariston. Tangki penampungan air pada water heater ariston yang menggunakan listrik dibersihkan dengan cara menguras seluruh air, membersihkan bagian luar unit seperti cover dan komponen spare part di dalamnya agar terbebas dari endapan mineral korosi.
4. Periksa savety valve (pengaman tekanan berlebih pada tangki yang berfungsi menjaga suhu air di dalam tangki agar tetap stabil) secara berkala. Untuk mencegah penyumbatan naikanlah tuas valve secara berkala agar air dapat mengalir.
5. Pasang keamanan berganda dengan menempatkan ELCB pada jalur instalasi sebelum listrik masuk ke unit pemanas.
Jenis water heater ariston menurut perbedaan sumber tenaganya:
  • Solar Water Heater Ariston, yaitu pemanas air yang sumber tenaganya berasal dari sinar matahari yaitu dengan menangkap panas sinar matahari oleh panel-panel solar sel, meskipun menggunakan sistem pembangkit listrik tenaga surya tetapi jenis ini dapat menukar sumber tenaganya secara otomatis dari penggunaan tenaga surya ke tenaga listrik pada saat cuaca sedang mendung.
  • Water heater listrik Ariston,pada umum nya ariston terkenal dengan water heater tenaga listrik,jenis ini tenaga untuk memanaskan air diperoleh dari listrik di rumah yang memanaskan komponen pemanas yang ada pada unit, selain itu terdapat juga tangki atau tabung air untuk memanaskan air, diperlukan waktu untuk memanaskan air yang ada di dalam tangki ini. Pada water heater listrik ariston, air yang keluar dari keran atau shower dapat langsung digunakan.
  • Water Heater Gas Ariston, yaitu pemanas air yang menggunakan gas sebagai media untuk memanaskan air.
Masalah-masalah yang sering timbul pada water heater ariston :
 
1.Tidak lancar nya air yang keluar dari keran atau shower, hal ini disebabkan karena tersumbat nya saringan pada kedua ujung alat tersebut oleh batu-batu kecil, lumut, kerak air. Untuk mengatasinya adalah dengan melepaskan ujung shower lalu bersihkan saringan nya maka air pun akan lancar kembali. Selain itu penyebab yang lainnya adalah suplai air yang tersendat karena pasokan air berkurang, untuk mengantisipasinya maka buatlah tandon lalu salurkan ke water heater ariston, bila perlu gunakan pompa pendorong.
2.Air yang keluar dari kran atau shower tidak panas, hal ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya yaitu:
  • Pada water heater ariston yang menggunakan tenaga matahari biasanya diakibatkan oleh tertutup nya panel sel surya yang terpasang di luar sehingga sinar matahari kurang sempurna mengenainya, bersihkanlah panel ser surya dari debu, dan kotoran yang menghalanginya.
  • ceklah listrik di rumah, mungkin saja sedang terjadi pemadaman listrik oleh PLN, MCB ELCB turun/off, Control otomatic tidak berfungsi.
  • Pada water heater jenis listrik ariston mungkin saja air di dalam tabung pemanas habis, jadi harus menunggu beberapa saat sampai air dalam tangki pemanas berisi kembali dan memanas.

2 thoughts on “Cara Merawat Water Heater Ariston

  1. Ping balik: Pusat Service Water Heater Jakarta 02184983653 – Service Water Heater Jakarta 081310944049

Tinggalkan komentar